Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Penyakit Kencing Nanah

gonore atau penyakit kencing nanah

Apa Itu Kencing Nanah?

Penyakit kencing nanah adalah salah satu penyakit kelamin yang menular. Penyakit kencing nanah bisa menulari pria dan wanita.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada alat kelamin, rektum, dan tenggorokan. Ini adalah infeksi yang sangat umum, terutama di kalangan anak muda usia 15-24 tahun.

Kenapa anak muda usia 15-24 tahun sangat umum terinfeksi gonore? Karena pada usia tersebut anak muda cenderung melakukan hubungan seks secara bebas, akibatnya banyak dari mereka yang terinfeksi bakteri penyebab kencing nanah atau gonore.

Penyakit kencing nanah juga dikenal dengan penyakit gonore.

seks bebas

Siapapun yang aktif secara seksual bisa terkena gonore. Gonore bisa menyebabkan komplikasi yang sangat serius bila tidak diobati, namun bisa disembuhkan dengan obat yang tepat.

Bagaimana Penyakit Kencing Nanah Menyebar?

Anda bisa terkena kencing nanah dengan melakukan hubungan seks dengan vagina, anal, atau oral dengan seseorang yang menderita penyakit kencing nanah.

Seorang wanita hamil yang terinfeksi penyakit kencing nanah dapat memberikan infeksi pada bayinya saat melahirkan.

Bakteri penyebab penyakit kencing nanah

Neisseria Gonorrhoeae

Bakteri Penyebab Penyakit Kencing Nanah

Bagaimana mengurangi risiko terkena penyakit kencing nanah?

Satu-satunya cara untuk menghindari PMS adalah tidak melakukan seks vaginal, anal, atau oral.

Jika anda aktif secara seksual, anda dapat melakukan hal berikut untuk menurunkan kemungkinan terkena gonore:

  • Berhubungan monogami jangka panjang atau dengan 1 pasangan saja yang telah diuji dan memiliki hasil tes STD negatif;
  • Menggunakan kondom lateks dengan cara yang benar setiap kali berhubungan seks.

Apakah saya berisiko terkena penyakit kencing nanah?

Setiap orang yang aktif secara seksual bisa mendapatkan kencing nanah melalui hubungan seks vagina, anal, atau oral tanpa kondom.

  • Jika Anda aktif secara seksual, berdiskusi jujur ​​dan terbuka dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan tanyakan apakah Anda harus diuji untuk penyakit kencing nanah atau PMS lain.
  • Apabila anda adalah pria yang aktif secara seksual yang gay, biseksual, atau yang berhubungan seks dengan pria, anda harus melakukan pengujian penyakit kencing nanah setiap tahun.
  • Dan bagi anda wanita yang aktif secara seksual lebih muda dari 25 tahun atau wanita yang lebih tua dengan faktor risiko seperti pasangan seks baru atau multipel, atau pasangan seks yang memiliki infeksi menular seksual, anda harus melakukan pengujian penyakit kencing nanah setiap tahun.

Setia terhadap pasangan dan melakukan pengujian secara berkala dapat menghindari resiko terkena penyakit kencing nanah.

Saya hamil. Bagaimana penyakit kencing nanah menular pada bayi saya?

Jika Anda hamil dan terinfeksi penyakit kencing nanah, anda bisa memberi infeksi pada bayi anda saat melahirkan. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi bayi anda.

Baca Juga  Obat Kencing Nanah Herbal, Solusi Mengobati Kencing Nanah Dalam 3 Hari

Jika Anda hamil, penting bagi Anda untuk berbicara dengan dokter Anda agar mendapat pemeriksaan, pengujian, dan perawatan yang benar sesuai kebutuhan.

Mengobati gonore sesegera mungkin akan mengurangi resiko komplikasi serius pada kesehatan bayi anda.

Apa Sajakah Gejala Penyakit Kencing Nanah?

Beberapa pria yang terkena penyakit kencing nanah mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. Namun, gejala kencing nanah pada pria yang umum terjadi adalah:

  • Sensasi terbakar saat buang air kecil;
  • Keluarnya cairan putih, kuning, atau hijau dari penis;
  • Pembengkakan testis atau testis yang membengkak (meskipun ini kurang umum).

Kebanyakan wanita yang terinfeksi penyakit kencing nanah tidak memiliki gejala apapun. Bahkan ketika seorang wanita memiliki gejala, seringkali gejala yang muncul  itu ringan dan bisa di salahg artikan sebagai infeksi kandung kemih atau infeksi vagina.

Wanita yang menderita penyakit kencing nanah berisiko mengalami komplikasi serius akibat infeksi, meskipun mereka tidak memiliki gejala.

Gejala pada wanita bisa meliputi:

  • Nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil;
  • Keputihan yang abnormal;
  • Perdarahan pada miss v diantara periode menstruasi.

Itulah beberapa gejala penyakit kencing nanah pada pria dan wanita.

Apakah Penyakit Kencing Nanah Bisa Disembuhkan?

antibiotik raja singa

Ya, penyakit kencing nanah bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Penting agar anda mengambil obat yang diresepkan dokter untuk menyembuhkan infeksi penyakit kencing nanah. Obat untuk penyakit kencing nanah seharusnya tidak dibagikan kepada siapapun. Meskipun obat akan menghentikan infeksi, obat ini tidak akan membatalkan kerusakan permanen yang disebabkan oleh penyakit kencinh nanah ini.

Baca Juga  Obat Penyakit Gonore Pada Pria Dan Wanita

Hal ini menjadi lebih sulit untuk mengobati beberapa gonore, karena strain gonore yang resistan terhadap obat semakin meningkat. Jika gejala Anda berlanjut lebih dari beberapa hari setelah menerima perawatan, Anda harus kembali ke penyedia layanan kesehatan untuk diperiksa kembali.

Info lengkap tentang obat penyakit kencing nanah: http://obatsipilisgonore.net

Saya sedang melakukan pengobatan. Kapan saya bisa berhubungan seks lagi?

Anda harus menunggu tujuh hari atau lebih setelah menyelesaikan semua pengobatan sebelum berhubungan seks. Untuk menghindari terinfeksi kencing nanah lagi atau menyebarkan penyakit kencing nanah ke pasangan anda, anda dan pasangan seks anda harus menghindari hubungan seks sampai anda menyelesaikan setiap perawatan.

Jika anda pernah menderita penyakit kencing nanah dan sembuh di masa lalu, anda masih bisa terinfeksi lagi jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan orang yang menderita gonore.

Apa Akibat Penyakit Kencing Nanah Tidak Segera Diobati?

gonore atau penyakit kencing nanahGonore yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kesehatan serius dan permanen baik pada pria maupun wanita.

Pada wanita, gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory disease (PID). Beberapa komplikasi dari PID adalah:

  • Pembentukan jaringan parut yang memblok tuba fallopi;
  • Kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim);
  • Infertilitas (ketidakmampuan untuk hamil atau mandul);
  • Nyeri panggul / perut jangka panjang.

Pada pria, gonore dapat menyebabkan kondisi yang menyakitkan pada tabung yang menempel pada testikel. Dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi steril, atau mencegahnya untuk bisa menjadi ayah seorang anak (kemandulan).

Kencing nanah yang tidak diobati juga bisa menyebar ke darah atau persendian. Kondisi ini bisa mengancam nyawa.

Gonore yang tidak diobati juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan atau memberi HIV – virus yang menyebabkan AIDS.

Baca Juga  Obat Penyakit Gonore Pada Pria Dan Wanita

OBAT KENCING NANAH

Sumber: https://www.cdc.gov/std/gonorrhea/stdfact-gonorrhea.htm

 

Related Post